Wednesday, May 6, 2009

Tugas Chapter 8

THE PAST, CURRENT, FUTURE CUSTOMER USE OF INTERNET AS A MEDIUM TO SELECT & BUY PRODUCT

ACE HARDWARE INDONESIA
(www.acehardware.co.id)

AceHardware bergerak dalam bidang usaha retailing home improvement dan lifestyle product. Produk yamg dijual meliputi: hardware, perlengkapan rumah tangga, furniture, automotive, alat-alat untuk berkebun, alat-alat olahraga, sampai perlengkapan untuk hewan.

Berikut adalah analisis penggunaan internet sebagai media untuk melakukan pembelian produk di AceHardware Indonesia:

PAST

Acehardware Indonesia memulai usahanya dengan membuka store di berbagai tempat, namun belum memiliki website. Transaksi dan pengambilan barang juga masih dilakukan di store mereka, namun untuk beberapa barang tertentu yang ukurannya cukup besar disediakan layanan antar.

CURRENT

Saat ini AceHardware Indonesia masih melakukan transaksi serupa, namun sudah memiliki website yang difungsikan untuk, antara lain: menampilkan lowongan pekerjaan, menggambarkan visi dan misi, menampilkan promosi-promosi, dan yang terpenting adalah menampilkan beberapa item produk yang tersedia di store mereka secara 2D. Namun produk-produk yang di tampilkan dalam website tersebut belum mencantumkan harga serta stock produk yang tersedia.

FUTURE

Saran yang perlu dikembangkan oleh Acehardware dalam webnya adalah menampilkan katalok item produk yang lebih atraktif, sehingga pengakses web dapat lebih memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di web. Contohnya mungkin dapat dikembangkan katalog untuk produk dalam bentuk 3D sehingga pengguna web dapat melihat produk dari berbagai sisi dan sudut. Harga dan stock barang juga sebaiknya dicantumkan di website untuk memudahkan customer dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, juga perlu dikembangkan suatu sistem pembelanjaan online, sehingga pengguna web dapat melakukan transaksi untuk barang-barang yang memang perlu pengantaran tanpa harus berkunjung ke store. Hal ini tentu harus didukung oleh katalog 3D tersebut, sehingga pengguna web dapat dengan yakin melakukan pembelian tanpa harus dikecewakan dengan barang yang tidak sesuai dengan yang dibayangkan saat melihat produk dalam bentuk 2D.

Lebih lanjut, pemberian layanan pembayaran online juga dibutuhkan, hal ini dapat disiasati dengan penerimaan pembayaran kartu kredit saat delivery dengan pihak Acehardware membawa mesin pembaca kartu kredit wireless yang sudah digunakan oleh www.antardelivery.com.




0 comments:

Post a Comment