Tuesday, April 14, 2009

Assingment Chapter 5 & 6 (E-Business Strategy)

www.anjingkita.com Situs Komunitas Penggemar Anjing Ras di Indonesia

AnjingKita.Com dipublikasikan pertama kali pada tanggal 15 Desember 2003, merupakan pembaruan atau kelanjutan dari situs BobbySant.Com, sebuah situs kennel yang digunakan sebagai sarana promosi untuk The Savior Chihuahuas Kennel dan Bobby Sant Pet Shop.

Informasi yang disediakan cukup beragam dari mulai profil trah, data-data kennel di Indonesia, artikel-artikel, berita-berita yang berkaitan dengan dunia kinologi di tanah air, informasi anjing dijual, agenda dan liputan pameran anjing trah di Indonesia serta data berupa gambar / photo bahkan video ada di AnjingKita.Com.

1) E-Business channel priority

Anjingkita.com menggunakan strategi Bricks and Clicks. Transaksi pemasangan iklan dan pelayanan pelanggan dilakukan dalam web secara online. Sedangkan penjualan anjing dari kennel pembuat web dijual secara online dan offline melalui pet shop Bobby Sant.

2) Organizational restructuring and capabilities

Menggunakan tenaga pembuat dan pengelola web dari divisi internal perusahaan (In-House Division) dengan konsekuensi biaya pemeliharaan web dan biaya yang dikeluarkan oleh divisi tersebut menjadi tanggung jawab perusahaan. Sedangkan keuntungannya, perusahaan memiliki kontrol penuh terhadap konten web.

3) Business, Service, and Revenue model

§ Tipe bisnis

Tipe bisnisyang diadopsi oleh Anjingkita.com merupakan kombinasi dari B2B dan B2C

- B2B : transaksi anjingkita.com dengan Pedigree, Proplan, Doris dan perusahan-perusahan lainnya

- B2C : transaksi anjingkita.com dengan pemasang iklan individual

§ Market place position

Posisi yg dimiliki oleh AnjingKita.com adalah sebagai Intermediari (Netral) yang mempertemukan pembeli dan penjual anjing. Selain itu karena AnjingKita.com juga menjual anjing dari kennel dan pet shop pemilik web maka AnjingKita.com juga mempunyai posisi Seller Controled

§ Revenue Model

- Direct product sales of product and service (menjual anjing dari kennel dan pet shop pemilik web dan jasa pembuatan website)

- Advertisement (dari pemasang iklan individu maupun iklan produk),

- Sponsor (Pedigree dan Pfizer Animal Health)

§ Commercial Model

Commercial model dari AnjingKita.com adalah Fixed Price Sales untuk tariff iklan di web mereka. Namun untuk penjualan anjing dari pemasang iklan ataupun dari petshop pemilik web, AnjingKita,com menggunakan sistem Negotiated Deal, tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual.

4) Market Place Restructuring

- Buy side: tidak ada

- Sell side

Disintermediation strategy (melakukan penjualan secara online dengan mengembangkan web ini baik ke pemasang iklan maupun menjual anjing milik kennel dan petshop tersebut di atas)

5) Market and Product Development Strategies

AnjingKita.com menggunakan Market Penetration Strategy dan Market Development Strategy.

- Market Penetration Strategy karena AnjingKita.com menggunakan digital channel untuk memperluas market share mereka serta adanya nilai tambah bagi customer dengan adanya pemasangan iklan penjualan anjing melalui web serta pemberian informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia kinologi.

- Market development strategy karena dengan penggunaan online channel AnjingKita.com dapat memperoleh market baru di seluruh Indonesia.

6) Positioning and Differentiation Strategies

- Product performance

Selain menjual anjing, site ini juga menyediakan informasi yang berkaitan dengan dunia kinologi seperti dokter atau klinik hewan di setiap daerah atau kota, pameran-pameran anjing trah, data kennel anjing di seluruh Indonesia, informasi dari video-video serta milis yang memungkinkan setiap anggota untuk bertukar informasi.

- Relationship excellence

Pemasang iklan dapat mereply kepada peminat produknya secara langsung via web, memberi saran dan kritik baik kepada pemasang iklan maupun kepada pihak anjingkita.com sendiri.

0 comments:

Post a Comment